Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali

Tujuan Wisata Favorit


Berkunjung ke Pulau Bali seakan tidak ada kata bosannya karena kemanapun kaki melangkah selalu menemukan berbagai keindahan objek wisatanya dan kaya akan berbagai kegiatan budaya. Salah satu tempat wisata di Bali yang terbaru adalah kawasan pantai yang sedang dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata bahari yaitu Pantai Pandawa dan ada juga yang menyebutnya sebagai 'Pantai Kutuh". Nama Pantai Pandawa sendiri diambil dari nama tokoh pewayangan, yakni Pandawa lima yaitu: Bima, Yudhistira, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima tokoh Pandawa ini dibuatkan patungnya di sekitar pantai ini, dan ditempatkan di tebing-tebing batu yang dicekungi.
Dahulunya pantai ini sudah dikenal dengan nama 'Secret Beach' karena terletak dibelakang tebing-tebing tinggi, dan sulit diakses, sehingga dahulu pantai ini tidak begitu dikenal dan selalu sepi dari kunjungan wisatawan.

Dalam beberapa tahun terakhir Pemerintah Provinsi  Bali melalui Pemerintahan Kabupaten Badung mulai mengembangkan Pantai Pandawa untuk menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Badung.

Lokasi dari Pantai Pandawa adalah di bagian selatan Pulau Bali tepatnya berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kutuh Selatan, Kabupten Badung Bali. Pantai Pandawa ini berjarak sekitar lebih kurang 3 km dari kawasan Nusa Dua. Saat ini telah dibuka akses berupa jalan yang melewati tebing-tebing kapur yang dibelah sehingga di bagian kiri kanan jalan terdapat tebing kapur yang menjulang tinggi.

Transportasi

Transportasi untuk menuju Pantai Pandawa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga memakai kendaraan sewaan. Pantai Pandawa dapat ditempuh dari Bandara Ngurah Rai Bali lebih kurang 1 jam perjalanan. Perjalanan ini diarahkan dari Kuta menuju GWK (Garuda Wisnu Kencana) kemudian belok ke arah kawasan Bali Cliff atau ke arah kawasan Nusa Dua. Arah ke Pantai Pandawa ini tidak susah ditemukan karena di sekitar kawasan ini terdapat beberapa papan petunjuk arah yang bertuliskan "Pantai Pandawa".

Kegiatan

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa adalah berenang, kano atau paragliding. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah bersantai di warung-warung yang tersedia dipinggir pantai sambil menikmati jagung bakar dan di temani dengan minuman air kelapa muda.

Selain kegiatan diatas bisa juga melakukan aktifitas dengan jalan-jalan di sepanjang pesisir pantai melihat aktifitas petani rumput laut. Dan disini kita bisa mendapatkan berbagai informasi budidaya rumput laut karena budidaya rumput laut yang ada di Pantai Pandawa sudah melakukan mitra kerjasama dengan negara lain.




1 Response to "Pantai Pandawa"

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS