Taman Pintar, Tempat Wisata Edukasi di Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta
Berkunjung ke Yogyakarta selalu membawa kesan yang mendalam, walaupun berada di pusat kota, tetapi kita seakan tetap berada di suasana yang jauh dari hingar bingar suatu kota. Di tambah lagi dengan masyarakat Jogja yang ramah membawa suasana yang nyaman selama berada di kota Jogja. Jika datang ke Jogja bersama keluarga, Salah satu tempat wisata di yogyakarta yang wajib di kunjungi adalah Taman Pintar sebagai wahana ilmu pengetahuan yang berada tidak jauh dari Jalan Malioboro Yogyakarta.
Sewaktu kesana bersama keluarga, anak saya yang besar sangat kerasan selama berada di Taman Pintar. Lucunya juga dia juga minta di foto seolah seperti astronot dengan mengeluarkan kepalanya di kepala patung astronot yang ada dan mencoba berbagai alat peraga serta wahana yang tersedia di play ground. 

Sejarah

Sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan, Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan "Taman Pintar". Disebut "Taman Pintar", karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman tentang materi pendidikan yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Pembangunan Taman Pintar pada Tahap I pada tahun 2006 adalah dengan membangun Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam  Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.

Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sedangkan pembangunan Taman Pintar Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Dengan selesainya tahapan III, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono

Fasilitas dan Wahana

1. Gedung Oval: 
Gedung ini merupakan salah satu gedung yang ada di kawasan taman pintar. Gedung ini berbentuk oval apabila dilihat dari atas. Beberapa wahana yang ada di Gedung Oval Antara lain:
- Demo Sains untuk melakukan eksperimen fisika dan kimia
- Zona Cuaca, Iklim dan Gempa Bumi dimana terdapat simulator gempa lengkap dengan skalanya.
- Zona Kehidupan Purba yang menyediakan replika binatang purba (Dinosaurus)
- Zona Agro yang menyediakan Zona teknologi Pengolahan Sawit
- Generator Pedal menyediakan peraga pelajaran tentang listrik
- TV Trainer: Alat  peraga  antara  lain  praktek untuk  pengecekan tegangan dan tingkat warna.
- Zona Teknologi Komunikasi: Zona teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat lain.
- Generator Van De Graaf: Sebuah alat peraga yang didesain untuk menghasilkan listrik statis.
- Zona Nuklir: Memperkenalkan manfaat nuklir dalam berbagai bidang
- Terowongan Ilusi: Terowongan Ilusi alat peraga yang berbentuk cakram dengan papan berputar yang memiliki pola tertentu. Apabila cakram diputar akan menampakkan sebuah lorong atau terowongan pada papan tersebut. Bila berputar ke arah kanan akan semakin membesar, yang artinya pengunjung akan merasa masuk ke pusat lorong. Sebaliknya apabila diputar ke arah kiri akan mengecil, ayng artinya pengunjung akan merasa keluar dari pusat lorong. Fenomena ini sebenarnya merupakan sebuah ilusi optik semat.
- Aquarium air tawar: Memperkenalkan pengetahuan berbagai jenis ikan air tawar.

2. Desaku Permai
Di lokasi Desaku Permai ini pengunjung dan anak-anak dapat mengenal kembali dan merasakan tatanan kehidupan desa seperti bercocok tanam, berkebun, dan beternak. Duduk di pondok yang ada di Desaku Permai ini seolah kita berada di pedesaan.



3. Rumah Gerabah
Disini pengunjung bisa belajar membuat gerabah,  dan gerabah yang ditelah oleh pengunjung dapat dibawa pulang

4. Rumah Batik
Di zona rumah batik pengunjung dan anak-anak dapat mempraktekkan membuat selembar kain batik mulai dari melukis, kerangka  dan desain batik


5. Gedung Planetarium
Gedung Planetarium Taman  Pintar  Yogyakarta  merupakan  Planetarium  ke-4  di  Indonesia  tetapi menjadi  yang  pertama di  Indonesia  menggunakan  digital  projector.  Planetarium  Taman Pintar  menampilkan  simulasi  suasana  langit  kota  Yogyakarta pada  malam  hari  dengan susunan  bintang  dan  benda-benda  langit.

6. Food Court


Food Court Tempat makan bagi pengunjung Taman Pintar dengan menu siap saji dan mempunyai beragam pilihan.

7. Book Store
Book Store merupakan kios buku Taman Pintar. Buku yang dijual disini bermacam-macam, dari buku baru hingga buku bekas. Tiap kios memiliki spesifikasinya masing-masing, dari buku-buku umum, religi, buku pelajaran, hingga novel dan komik.


8. Mesjid
Di Kawasan Taman Pintar juga disediakan mesjid untuk sarana beribadah bagi umat muslim


9. Wahana Bahari
Untuk melengkapi fasilitas yang ada di Taman Pintar, pengelola juga menyediakan wahana Bahari buat anak-anak yang ingin-ingin bermain di kolam yang disediakan

10. Tapak Prestasi
Disini ada beberapak Presiden Indonesia, mulai dari tapak Presiden RI pertama Ir. Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono

11. Zona Paud Barat dan Zona Paud Timur


Zona PAUD di Taman Pintar ada dua gedung yaitu Zona PAUD Barat dan Timur. Zona PAUD ini menempati sebuah bangunan cagar budaya (heritage) peninggalan Belanda yang masih tetap dijaga keasliannya. Di dalam Zona PAUD terdapat beberapa ruangan yang di dalamnya terdapat peraga-peraga pendidikan yang dikhususkan hanya untuk anak-anak yang berusia 2 – 7 tahun. Di zona ini anak-anak bisa menyalurkan ekspresinya, anak-anak bisa bernyanyi, bercerita, menari, baca puisi dan berkreativitas lain di atas panggung didampingi pemandu.Zona Paud ini juga dilengkapi dengan berbagai alat peragai dan mempunyai beberapa replika seperti: 

  • Replika Pesawat Terbang disajikan di dalam ruangan ini berfungsi untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang dunia kedirgantaraan.
  • Replika Kapal Selam berfungsi untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang dunia bahari. Di dalam replika ini terdapat cerobong pengintai seperti yang terdapat pada kapal selam yang sebenarnya, sehingga pada saat di dalam kapal anak dapat melihat daerah sekitar luar.
12.  Gedung Kotak
Gedung bukan hanya bentuknya saja yang kotak, tetapi barang-barang didalamnya juga banyak yang berbentuk kotak. Kotak dan oval sebenarnya melambangakan science itu sendiri. Dalam gedung kotak ditawarkan banyak wahana yang tak kalah menarik.
Fasilitas yang ada di Gedung Kotak
- Zona Gamelan
- Zona Perpustakaan 
- Zona Air untuk kehidupan 
- Zona Teknologi Otomotif 
-  Zona Pengolahan Susu
- Zona Batik 
- Peraga Turbulensi 
- Peraga Hukum Archimedes

13.  Gedung Memorabilia
Gedung Memorabilia merupakan gedung yang menampilkan peraga pembelajaran sejarah dan budaya. Tiga materi utama yang ditampilkan meliputi content tentang Sejarah Kasultanan Ngayogyakarta, Sejarah Pendidikan dan Kepustakaan Kepresidenan.  

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Alamat    Jalan Panembahan Senopati No. 1 - 3 Yogyakarta Indonesia
Kode Pos : 55122
Email    info@tamanpintar.com
No telp    0274-583-631
Fax    0274-583-664
Website    www.tamanpintar.com
Sms Center    085729748888 
                       085729739999


0 Response to "Taman Pintar, Tempat Wisata Edukasi di Yogyakarta"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS