Tanah Lot, Tempat Wisata di Bali

tanah lot tempat wisata di bali

Gambaran Umum

Tanah Lot merupakan tempat wisata di Bali yang unik karena keunikan Pura Tanah Lot yang terletak di tengah laut sekitar lebih kurang 300 meter dari bibir pantai. Selain itu objek ini juga menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam.
Kata Tanah Lot terdiri dari kata "Tanah" yang diartikan sebagai batu karang dan "Lot" atau "Lod" berarti laut. Jadi Tanah Lot diartikan sebagai tanah yang ada di tengah laut.
Pura Tanah Lot didirikan pada abad ke-15 oleh pedanda (pendeta) Hindu bernama "Bawu Rawuh" atau "Danghyang Nirartha" yang berasal dari kerajaan Majapahit. Danhyang Niratha dalam perjalanannya untuk menyebarkan agama Hindu dari jawa. Menurut cerita legenda Danghyang Nirartha yang menganut agama Hindu berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat tentang ajaran Agama Hindu. Seorang pemimpin suci di tempat itu yang bernama Bendesa Beraban merasa tersaingi, karena sebagian besar pengikutnya menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Kemudian Bendesa Beraban mengusir Danghyang Nirartha untuk pergi meninggalkan Tanah Lot. Sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan segala kekuatannya memindahkan bongkahan batu ke tengah pantai dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Bendesa Beraban takjub, dan akhirnya juga menjadi pengikut dari Danghyang Nirartha. Ular-ular tersebut masih ada sampai saat ini yang berdiam di lobang-lobang karang di Tanah Lot dan menjadi salah satu daya tarik untuk mengunjung Tanah Lot sebagai tempat wisata di Bali. Ciri ular ini berekor pipih seperti ikan, warnanya hitam berbelang kuning.

Kegiatan


Sebagai salah tempat wisata di Bali, tanah lot menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti berbelanja souvenir khas Bali seperti, gantungan kunci, udeng (ikat kepala), baju, sandal, perhiasan, patung dan berbagai barang lainnya khas Bali yang menarik.
Selain itu bisa menyaksikan acara agamaan karena banyaknya masyarakat yang bersembahyang di sana terutama pada saat  hari raya Galungan dan Kuningan.
Berkunjunglah ke Tanah Lot pada sore hari karena di sana juga bisa menyaksikan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbenam dari tempat yang telah disediakan buat melihat matahari terbenam

pura batu bolong di Tanah Lot, Tempat Wisata di Bali
Tak jauh dari Pura Tanah Lot, bisa juga mendatangi Pura Batu Bolong, dimana batu karang yang menjorok ke tengah laut tersebut berlubang di tengahnya, Pura Batu Bolong merupakan tempat untuk memuja kepada Tuhan demi kesucian. Pura Batu Bolong juga sering diadakan acara-acara keagamaan. Dan pengunjung bisa melakukan dokumentasi perjalanannya ke tempat wisata di bali dengan Pura Tanah Lot dan Pura Batu Bolong sebagai latar belakangnya.











0 Response to "Tanah Lot, Tempat Wisata di Bali"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS