Batu Angkek-Angkek

batu angkek-angkek

Pratinjau 

Kata angkek dalam Bahasa Minang berarti Angkat. Jika di jadikan arti diatas dalam Bahasa Indonesia, Batu Angkek-Angkek berarti Batu Angkat-angkat (Batu yang diangkat-angkat), karena menurut cerita banyak orang, sejak ditemukan dari dulu, banyak orang yang ingin mencoba mengangkat Batu tersebut. Batu tersebut mirip seperti logam berwarna kecoklatan di bagian punggungnya dan berwarna hitam di sisi sebaliknya.
Batu Angkek-angkek yang berada di Nagari Tanjuang, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini pertama kali ditemukan oleh Datuk Bandaro Kayo, Beliau bermimpi di datangi seorang syech yaitu "Syech Ahmad". Dalam mimpi tersebut Syech Ahmad berpesan kepada Datuk Bandaro Kayo mendirikan perkampungan (Sekarang Kampung Palangan).

Saat pemasangan tiang yang pertama, terjadi peristiwa aneh, saat itu tiba-tiba terjadi gempa yang disusul peristiwa hujan dan panas selama 14 hari 14 malam. Akibat peristiwa tersebut masyarakat di sana mengadakan musyawarah. Dan saat musyawarah terdengar suara dari lubang di tempat tiang pertama yang akan di pasang. Suara tersebut mengatakan bahwa di dalam tersebut ada sebuah batu yang bernama "Batu Pandapatan". Suara tersebut juga berpesan agar menjaga batu ini baik-baik.Karena seringnya orang-orang ingin mencoba mengangkat batu tersebut akhirnya batu tersebut lebih dikenal dengan nama "Batu Angkek-Angkek.

Boleh percaya atau tidak. Batu ini bisa mengetahui(memberi tanda) apakah niat atau cita-cita seseorang terkabul. Jika, batu tersebut terangkat hingga ke pangkuan niscaya segala niat atau cita-cita orang-orang yang mengangkat batu tersebut akan terkabul. Menurut penuturan informasi dari tuan rumah diketahui bahwa berat Batu Angkek-angkek tersebut berubah-rubah, dan hingga kini belum diketahui dengan pasti berapa berat sebenarnya batu tersebut.

Jika anda penasaran dan ingin mengetahui beratnya batu tersebut, atau penasaran dengan cerita batu tersebut bisa meramalkan niat atau cita-cita akan terkabul jika berhasil mengangkatnya.
Datang dan cobalah sekalian berwisata ke Puncak Pato

Proses Pengangkatan Batu Angkek-Angkek

Untuk mengangkat Batu ini, tidak sembarang angkat. Di dinding sebelah Batu Angkek-angkek ada tata cara dan prosesnya sebagai berikut:

1. Mau masuk lokasi batu angkek-angkek dianjurkan untuk membaca Assalamualaikum terlebih dahulu.




2. Duduk bersimpuh di depan batu dan dianjurkan sambil membaca Bismillah dan Salawat nabi sebanyak 3x








3. Pasang niat sambil berdoa.

Misalkan: Ya Allah kepada engkau aku bermohon, engkaulah yang akan mengabulkan permohonanku ...................... (Sebutkun niatnya), kalau di izinkan niatku ini, berilah pertanda, ringankanlah batu ini.













4. Posisi memegang batu sebelum diangkat ke pangkuan.
















5. Posisi batu diatas pangkuan sebelum diturunkan ke lantai
















6. Sebelum meninggalkan lokasi, masukkan persyaratan ke dalam kelambu
















7. Sebelum meninggalkan lokasi sekali lagi ucapkan lagi assalamualaikum
















0 Response to "Batu Angkek-Angkek"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS