Pesona Pulau Ketawai, Bangka

Posted by: Hari JT


pulau ketawai, bangka
Pemandangan pantai di pulau ketawai, bangka
Wisata Bangka identik dengan pantai dan kuliner. Soal kuliner, beragam makan enak khas Bangka mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Sebagian dari teman-teman mungkin sudah pernah mencicipinya. Sebut saja, lempah kuning, mie bangka, martabak bangka, bapang, dan masih banyak lagi.

Begitu juga halnya dengan pantai, beberapa pantai yang sudah cukup familiar di kalangan traveler seperti pantai Parai Tenggiri, pantai tanjung pesona, pantai matras, pantai pasir padi, pantai penyusuk, mungkin sudah banyak orang / media yang mengulasnya.

Nah, kali ini saya mau berbagi cerita yang sedikit berbeda. Bukan tentang pantai dan kuliner, tapi tentang pulau yang cukup eksotis di perairan pulau bangka, yakni pulau Ketawai. Ada yang sudah pernah explore pulau Ketawai?

Pulau kecil yang cantik ini termasuk dalam kawasan kabupaten Bangka Tengah. Kali pertama saya berkunjung kepulau ini sekitar awal 2013 silam. Udah cukup lama sih. Tapi itu kunjungan saya yang pertama kalinya. Kalau ditanya kapan terakhir saya kesana, jawabannya tentu saja beda. hehehe

Kembali ke leptop. Pagi itu saya bersama anak-anak kantor berangkat dari Pangkalpiang sekitar pukul 9 pagi. Setengah jam perjalanan, sampailah kami di desa Kurau. Dari kampung ini, kami menyewa sebuah perahu motor nelayan, muat untuk sekitar 20-an orang, dengan biaya 700.000.

Perjalanan ke pulau Ketawai butuh waktu sekitar 1 jam. Sensasi selama perjalanan dengan perahu motor nelayan ini, memberikan kesan tersendiri. Hempasan ombak, suara motor kapal, pemandangan laut yang biru, bercampur dengan rasa was-was. Maklum saja, perjalan ini tidak bisa dibilang aman, karena tidak ada fasilitas kesalamatan seperti life fast dan pelampung.

Sampai di pulau ketawai, kami disambut oleh pasir pantai yang putih, pepohonan kepala yang menjulang, sebuah bangkai kapal karam, dan plang yang cukup besar bertuliskan "Pulau Ketawai". Sungguh spot yang bagus untuk narsis.

Aktivitas pertama yang menarik dipulau ini adalah berenang dipantai, berkeliling menyusuri garis pantai, bersantai sambil menikmati kelapa muda. Selain itu, kami juga mencoba spot snorkeling terbaik di pulau ini.

Nah, untuk aktifitas yang satu ini, sensasinya memang luar biasa. Meski lahir di Bangka, inilah untuk pertama kalinya saya menyaksikan sendiri keindahan bawah laut pulau Bangka. Saya tak menyangka, ternyata spot snorkeling di pulau ketawai tak kalah dengan spot snorkeling pulau Lengkuas yang sudah terkenal di Belitung.
Pemandangan bawah laut Pulau Ketawai dihiasi oleh ikan-ikan dari beragam jenis, karang-karang cantik, laut yang jernih, sungguh membuat kami lupa diri ternyata hari sudah beranjak sore.

Dus, siapa bilang Bangka cuma punya pantai dan kuliner yang enak. Bila berkesempatan ke pulau Bangka, cobalah untuk eklpore spot snorkeling dan diving di perairan pulau Ketawai Bangka Tengah.


Artikel ini adalah guest post dari Hari JT, faounder startup travel; Indonesia Tours (JAGOOtravel.com), salah satu orang yang yakin bahwa sektor wisata Indonesia suatu saat nanti bisa menjadi penyumbang devisa terbesar negara ini. Salam wisata !!;). Anda dapat berbagi dengannya di akun twitter @HariJT”

0 Response to "Pesona Pulau Ketawai, Bangka"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS