Markisa, Oleh-oleh dari Solok yang Berkhasiat

Buah yang satu ini rasanya asam-asam manis. Hanya tumbuh di beberapa daerah di Indonesia, sehingga tidak semua orang pernah melihat buah aslinya. Di supermarket sering dipajang dalam bentuk produk olahan, yaitu sirup markisa. Markisa adalah salah satu buah yang bisa dengan mudah dijumpai jika anda melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten atau Kota Solok. Buah ini bisa dijadikan sebagai alternatif buah tangan jika akan pulang.  

Marquisa atau markisa bisa dikonsumsi langsung tanpa dijadikan minuman; hanya saja menurut saya pribadi, makannya agak ribet karena tidak bisa mengkonsumsi seperti orang lain. Saya kurang suka menelan bijinya sekalian, sementara bijinya cukup berjubel. Di Indonesia terdapat 2 jenis markisa yaitu markisa kuning dan markisa ungu. Namun, markisa dari Sumatera Barat hanya hidup dan tumbuh di Kabupaten Solok. Kabupaten Solok merupakan satu-satunya produsen markisa di Sumatera Barat. Markisa yang tumbuh di Sumatera Barat adalah varian markisa yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).- Wikipedia
Di objek-objek wisata yang terdapat di Kabupaten Solok akan banyak terlihat penjaja markisa. Selain itu, di beberapa tempat antara Kota Solok menuju Kota Padang, akan dijumpai pedagang markisa yang mangkal di pinggir jalan. Walaupun Kabupaten Solok merupakan penghasil markisa satu-satunya, toh begitu para pedagang buah pinggir jalan ini tidak hanya menjual markisa semata. Selain markisa, buah lokal yang dijual adalah pisang, alpokat serta umbi-umbian, yaitu ubi jalar dan ubi kayu. 

Tarif buah markisa yang dipatok rata-rata sama di hampir semua pedagang di sepanjang jalan antara Gunung Talang sampai Lubuk Selasih, yaitu Rp 10.000,-/ikat (satu ikat sebanyak 10 buah). Selain menyegarkan, buah markisa memberi beberapa manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Menurut situs manfaatsehat.com beberapa manfaat buah markisa yaitu: 
  1. Buah markisa mengandung banyak sekali antioksidan yaitu betakaroten. Anti oksidan yang terdapat dalam buah markisa ini dapat larut dalam lemak tubuh kita. Anti oksidan yang banyak terkandung dalam buah markisa sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat menangkal berbagai racun masuk ke dalam tubuh. Selain itu anti oksidan di dalam buah markisa juga dapat menangkal sel-sel kanker yang masuk dalam tubuh.
  2. Dapat digunakan juga sebagai obat asma. Kandungan yang terdapat dalam buah markisa dapat mengurangi infeksi alergi yang timbul pada penderita asma. Kandungan di dalamnya dapat menenangkan dan memblokir histamin pada penderita asma.
  3. Kandungan vitamin c pada buah markisa sangat baik untuk kesehatan kecantikan kulit dan wajah. Memakan buah markisa secara teratur dapat membuat kulit tubuh kita semakin halus dan bersinar karena kandungan vitamin c di dalamnya yang dapat membantu peremajaan kulit.
  4. Buah markisa juga sangat baik bagi kesehatan ibu menyusui karena dapat membantu memperlancar keluarnya ASI. 
  5. Meredakan nyeri nyeri pada saat haid dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah markisa ini secara rutin. 
  6. Penyakit ringan seperti batuk dan alergi juga dapat disembuhkan dengan buah markisa ini.
  7. Kandungan yang terdapat di dalam buah markisa juga sangat baik untuk memberikan efek rileksasi pada tubuh. Bagi anda yang membutuhkan ketenangan dan juga rileksasi dapat menjalankan terapi dengan memakan buah markisa setiap hari. 

0 Response to "Markisa, Oleh-oleh dari Solok yang Berkhasiat"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS