Jenis / Tipe Hotel Berdasarkan Lama Tinggal

Berdasarkan lamanya tamu tinggal, ada beberapa jenis hotel, yaitu Transient hotel, Residental hotel, dan Semi Residental Hotel.
  1. Transient Hotel,  adalah hotel di mana rata-rata lama tamu menginap sangat singkat, hanya satu hari satu malam. Kebanyakan tamu orang yang sangat sibuk, yang datang hanya untuk transit. Mereka datang untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat lain. Mereka hanya perlu istirahat sebentar, dua sampai lima jam, untuk kemudian berangkat lagi. Salah satu contoh Transient hotel yang terkenal adalah hotel yang berada di sekitar Bandara Narita, Tokyo Jepang. Hotel ini disebut Kapsoru Hotel, berasal dari kata Capsule hotel. Memang ada ciri yang menonjol di sana, di mana tempat beristirahat berbentuk kapsul yang cukup untuk tubuh satu orang saja. Untuk menentukan lama istirahat, tamu memesannya kepada operator. Kapsul kemudian akan tertutup dan tamu dapat beristirahat dengan tenang di dalamnya. Sirkulasi udara dan fentilasi sangat nyaman, dapat diatur sesuai selera. Bahkan tamu dapat memesan berbagai suara favorit untuk menemani istirahatnya, seperti suara hujan gerimis, alunan musik, suara burung, dan lain sebagainya. 
  2. Residental Hotel, di mana rata-rata lama tamu menginap lebih dari satu bulan, bahkan ada yang sampai tahunan. Hotel jenis ini dilengkapi dengan sarana untuk tinggal dalam waktu lama, seperti kitchenette di dalam kamar, ruang tamu, tempat cuci, seterika, dan mengeringkan pakaian. Hal ini adalah ciri kebanyakan apartemen atau jika di hotel mewah adalah kamar Resident Suite. 
  3. Semi Residental Hotel, berada di antara Transient hotel dan Residental Hotel. Tamu menginap di tempat itu tidak terlalu singkat tetapi juga tidak terlalu lama. Rata-rata dua-tiga hari sampai satu minggu. 

sumber: Front Office Management
             Dr. Adi Soenarno, MBA
            Penerbit: Andi Yogyakarta


0 Response to "Jenis / Tipe Hotel Berdasarkan Lama Tinggal"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS