Sosiologi Pariwisata, Tipologi Wisatawan

Sosiologi Pariwisata, I Gd Pitana.
Cohen (1972), mengklarifikasikan wisatawan atas dasar dari daerah yang akan di kunjungi, serta tingkat pengorganisasiannya dari perjalanan wisatanya. Atas dasar ini, Cohen membedakan wisatawan atas empat, yakni:
  1. Drifter , yaitu wisatawan yang ingin mengunjungi daerah yang sama sekali belum diketahuinya, dan bepergian dalam jumlah kecil.
  2. Explorer, yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan dengan mengatur perjalanannya sendiri, dan tidak mau mengikuti jalan-jalan wisata yang sudah umum  melainkan mencari hal yang tidak umum. Wisatawan seperti ini bersedia memanfaatkan fasilitas dengan standar lokal dan tingkat interaksinya dengan masyarakat lokal juga tinggi. 
  3. Individual Mass Tourist, yaitu wisatawan yang menyerahkan pengaturan perjalanannya kepada agen perjalanan, dan mengunjungi daerah tujuan wisata yang sudah terkenal. 
  4. Organized-Mass Tourist, yaitu wisatawan yang hanya mau mengunjungi daerah tujuan wisata yang sudah dikenal, dengan fasilitas yang seperti yang dapat ditemuinya di tempat tinggalnya, dan perjalanannya selalu dipandu oleh pemandu wisata.
Sedangkan Smith (1977) juga melakukan klasifikasi terhadapa wisatawan, dengan membedakan wisatawan atas tujuh kelompok, yaitu:
  1. Explorer, yaitu wisatawan yang mencari perjalanan baru dan berinteraksi secara intensif dengan masyarakat lokal, dan bersedia menerima fasilitas seadanya, serta menghargai norma dan nilai-nilai lokal.
  2. Elite, yaitu wisatawan yang mengunjungi daerah tujuan wisata yang belum dikenal, tetapi dengan pengaturan lebih dahulu, dan bepergian dalam jumlah kecil
  3. Off-beat, yaitu wisatawan yang mencari atraksi sendiri, tidak mau ikut ke tempat-tempat yang sudah ramai dikunjungi. Biasanya wisatawan seperti ini siap menerima fasilitas seadanya di tempat lokal. 
  4. Unusual, yaitu wisatawan yang dalam perjalanannya sekali waktu juga mengambil aktifitas tambahan, untuk mengunjungi tempat-tempat yang baru, atau melakukan aktivitas yang agak beresiko. Meskipun dalam aktivitas tambahannya bersedia menerima fasilitas apa adanya, tetapi program pokoknya tetap harus mendapatkan fasilitas yang standar.
  5. Incipent Mass, yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan secara individual atau kelompok kecil, dan mencari daerah tujuan wisata yang mempunyai fasilitas standar tetapi masih menawarkan keaslian (authenticity)
  6. Mass, yaitu wisatawan yang bepergian ke daerah tujuan wisata dengan fasilitas yang sama seperti di daerahnya. 
  7. Charter, yaitu wisatawan yang mengunjungi daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang mirip dengan daerah asalnya, dan biasanya hanya untuk bersenang-senang/bersantai. Mereka bepergian dalam kelompok besar dan meminta fasilitas yang berstandar internasional.
Sedangkan Plog (1972) mengembangkan tipologi wisatawan sebagai berikut:
  1. Allocentric, yaitu wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang belum diketahui, bersifat petualangan, dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh masyarakat lokal.
  2. Psychocentric, yaitu wisatawan yang hanya mau mengunjungi daerah tujuan wisata yang sudah mempunyai fasilitas dengan standar yang sama dengan di negaranya sendiri. Mereka melakukan perjalanan wisata dengan program yang pasti, dan memanfaatkan fasilitas dengan fasilitas internasional.
  3. Mid-Centric, terletak di antara allocentric dan psychocentric.
Cohen (1979), dalam tulisannya yang lain membedakan wisatawan ke dalam kelompok (1) modern pilgrimage (ziarah modern) dan (2) search for pleasure (mencari kesenangan). Dalam hal ini Cohen bahwa seseorang mencari suatu "makna". Makna ini tidak dapat ditemukan di rumah, melainkan di dalam perjalanan. Atas dasar ini, Cohen membedakan wisatawan menjadi:
  1. Existensial, yaitu wisatawan yang meninggalkan kehidupan sehari-hari dan mencari "pelarian" untuk mengembangkan kebutuhan spiritual. Mereka bergabung secara intensif dengan masyarakat lokal. 
  2. Experimental, yaitu wisatawan yang mencari gaya hidup yang berbeda dengan yang selama ini di lakoni, dengan cara mengikuti pola hidup masyarakat yang dikunjungi. Wisatawan seperti ini secara langsung terasimilasi ke dalam kehidupan masyarakat lokat. 
  3. Experiental, yaitu wisatawan yang mencari makna pada kehidupan masyarakat lokal, dan menikmati keaslian kehidupan lokal/tradisional.
  4. Diversionary, yaitu wisatawan yang mencari pelarian dari kehidupan rutin yang membosankan. Mereka mencari fasilitas rekreasi, dan memerlukan fasilitas yang berstandar internasional. 
  5. Recreational, yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan wisata sebagai bagian dari usaha menghibur diri, untuk memulihkan kembali semangat (fisik dan mentalnya). Mereka mencari lingkungan yang menyenangkan, umumnya tidak mementingkan keaslian. 
Wisatawan Existensial, experimental, dan experential termasuk ke dalam modern pilgrimage, sedangkan Diversionary dan recreational termasuk ke dalam tipe search for pleasure.

Berdasarkan perilaku wisatawan pada suatu daerah tujuan wisata, Gray (1970) membedakan wisatawan menjadi dua, yaitu:
  1. Sunlust tourist, adalah wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah dengan tujuan utama untuk beristirahat atau relaksasi, sehingga mereka umumnya mengunjungi Daerah Tujuan Wisata yang mempunyai ciri multiple S (sun, sea and sand). Wisatawan tipe ini mengharapkan keadaan iklim, fasilitas, makanan dan lain-lain yang sesuai dengan standar di negara asalnya. 
  2. Wanderlast tourist, adalah wisatawan yang perjalanan wisatanya didorong oleh motivasi untuk mendapatkan pengalaman baru, mengetahui kebudayaan baru, ataupun mengagumi keindahan alam yang belum pernah dilihat. Wisatawan seperti ini lebih tertarik kepada Daerah Tujuan Wisata yang mampu menawarkan keunikan budaya atau pemandangan alam yang mempunyai nilai pembelajaran yang tinggi. 
Semua tipologi diatas mempunyai beberapa kelemahan yang antara lain disebutkan sebagai berikut:
  1. Semua tipologi bersifat teoritis, dan mungkin tidak bisa ditemukan lapangan. Misalnya The Drifter, sebagai tipologi pada titik ekstrim dari mass tourism, mungkin sulit ditemukan di lapangan, karena setiap wisatawan pasti mempunyai itinerary, walaupun tidak terlalu ketat. 
  2. Seorang wisatawan tidak selalu berada pada salah satu tipe untuk selamanya. Sekali waktu mungkin yang bersangkutan ada dalam tipe mass tourism, tetapi pada waktu lainnya masuk dalam kategori explorer
  3. Tipologi yang dikembangkan di atas tidak memperhitungkan berbagai pertimbangan yang menyebabkan seorang wisatawan berperilaku tertentu. Misalnya seorang wisatawan lebih memilih bepergian secara individual karena pertimbangan finansial atau pertimbangan waktu
  4. Pengalaman seorang wisatawan pada suatu Daerah Tujuan Wisata tidaklah tunggal, melainkan kombinasi antar berbagai jenis pengalaman, yang mungkin masuk ke dalam tipologi yang berbeda, misalnya sekali waktu bersifat eksperimental, tetapi di lain waktu bersifat rekreasional. 
  5. Tipologi yang dikembangkan semuanya bersifat etik, yaitu berdasarkan cara pandang peneliti. 
Artikel Terkait
Sosiologi Pariwisata, Ciri-Ciri Pariwisata
Sosiologi Pariwisata, Faktor Pendorong Perjalanan Wisata
Interaksi Wisatawan dengan Masyarakat Lokal

5 Responses to "Sosiologi Pariwisata, Tipologi Wisatawan"

  1. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga di blog saya www.when-who-what.com

    ReplyDelete
  2. @Choirul: Yupz para ahli sepertinya berpendapat demikian

    ReplyDelete
  3. tentu bukan sekedar pembedaan...

    ReplyDelete
  4. terima kasih mas. saya terbantu tuliasn ini

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS