Snorkeling di Pulau Pagang

Snorkeling di Pulau Pagang
Snorkeling dilakukan di perairan laut yang memiliki terumbu karang serta berbagai jenis ikan laut. Snorkeling adalah cara sederhana menikmati keindahan bawah laut tanpa harus melakukan selam dalam layaknya diving.  Dengan bermodal peralatan yang simple, melakukan snorkeling sudah cukup memuja mata dengan keindahan penghuni laut di perairan dangkal. Aneka ragam penghuni laut memang tidak dijumpai sebanyak saat melakukan diving, namun bersnorkeling ria merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi pemula.
Sejak iseng-iseng Snorkeling di Pantai Sanur, Bali, hingga saat ini snorkeling menjadi salah satu hobi saya. Setidaknya seminggu sekali saya melepas kepenatan dengan refreshing melihat ikan2 yang lalu lalang di depat mata.
Snorkeling atau selam permukaan adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan peralatan mengambil pernafasan yang disebut snorkel. Walaupun kegiatan untuk melakukan snorkeling cukup mudah, tapi beberapa hal harus diketahui agar bisa melakukan snorkeling dengan  baik. Peralatan lengkap snorkeling hanya terdiri dari 3 (tiga) macam yakni, snorkeling mask atau masker kedap air untuk menutupi hidung, snorkel sebagai alat bantu  pernafasan dari udara luar dan fin, kaki katak sebagai alat bantu meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki. Di Pulau Pagang fin tidak disewakan, namun pengelola Suwarnadwipa menyewakan peralatan ini bagi pengunjung yang akan snorkeling.
Beberapa hal yang harus diperhatikan bagi seorang pemula saat melakukan snorkeling, yaitu:
  • Pada dasarnya snorkeling hanyalah memindahkan cara kita bernafas, yang biasanya dihirup dan dikeluarkan lewat hidung diubah menjadi lewat mulut melalui selang snorkel. 
  • Pastikan masker telah terpasang dengan baik di wajah sehingga air tidak masuk ke dalam masker. Penggunaan masker yang tidak tepat menyebabkan masuknya air ke dalam masker dan tentunya akan menggangu pernafasan ketika snorkeling.
  • Cara memasang peralatan Snorkel adalah diletakkan antara bibir dan gigi seperti cara memasang gigi palsu dalam pertandingan olahraga tinju. 
  • Sebelum menyelam, saat mask dan snorkel telah terpasang, sebaiknya dicoba terlebih dahulu berlatih bernafas dengan menggunakan mulut. 
  • Jika sudah terbiasa bernafas normal melalui mulut, dan badan sudah terendam di air laut,  memasukkan kepala secara pelan-pelan dengan pernapasan mulut seperti yang telah dicoba sebelumnya.
  • Selalu waspada saat bertemu spot dari terumbu karang, karena beberapa bagiannya ada yang tajam.
  • Jika snorkeling di pulau sesekali perlu melihat ke atas agar tidak terlena oleh keindahan laut, hingga menabrak perahu atau terlalu jauh terpisah dari rombongan.
  • Apabila air masuk ke dalam selang snorkel sewaktu snorkeling, cara mengeluarkannya adalah dengan meniup kuat-kuat sehingga air yang berada di dalam pipa snorkel keluar lagi.
Untuk mencoba melakukan Paket Snorkeling di Pulau Pagang, silakan hubungi:
Phone/WA : 0853 64 136 136 (Yasmen Chaniago)
Phone: 0852 63 875 676 (Yani Jogja)
Pin. 5c5a7f98
FB. wisata suarnadwipa dan pagang

3 Responses to "Snorkeling di Pulau Pagang"

  1. snorkeling memang kegiatan yg menarik, tips nya keren mas,, biasanya untuk orang yg pertama kali snorkeling pasti gugup :) (pengalaman pribadi)
    salam dari karimunjawa

    ReplyDelete
  2. Pernah snorkling belum? Selain di bali juga bisa kok snorkling di karimunjawa. Salam maniaxtour dot com

    ReplyDelete
  3. Wah wisata yang ditawarkan sanagt menarik. sangat di rekomended untuk di kunjunggi pas liburan nihh..

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS