SINGLE SUPLEMENT

Arti Single Suplemet

Single Suplement kurang lebih artinya adalah semacam biaya tambahan yang dikenakan kepada seorang wisatawan karena menggunakan satu (1) kamar hotel untuk diri sendiri/tidak berbagi dengan orang lain. Baik atas keinginan sendiri atau karena tidak adanya teman dalam suatu grup yang bisa dijadikan teman sekamar. Hal ini terjadi sebab terkadang dalam suatu grup, wisatawan yang mengikuti sebuah tour berjumlah ganjil. Alasan lain karena beberapa wisatawan yang mengambil suatu paket tour tidak mau berbagi kamar dan ingin menempati kamar hotel seorang diri, wisatawan seperti inilah yang bersedia membayar single suplement. Sementara harga sebuah paket tour rata-rata dihitung berdasarkan twin sharing (sekamar berdua).

Lalu bagaimana cara menghindari single suplement jika terdapat beberapa wisatawan tidak menginginkannya? ada 2 pilihan agar terhindar dari biaya tambahan ini. Pertama traveller bisa meminta bantuan kepada travel agent tempat pemesanan sebuah paket tour guna dicarikan mitra sekamar yang juga melakukan perjalanan wisata seorang diri atau bisa juga wisatawan itu sendiri yang mencari teman sekamarnya.

Pada posting sebelumnya telah dibahas Cara menghitung harga paket tour. Dalam penghitungan ini kita juga harus mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk single suplement dalam paket tour. Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung single suplement yakni:
Single Suplement = Harga Kamar Single - (Harga kamar double : 2) x length of stay.
Lenght of stay = Lama menginap di suatu hotel
disebutkan harga kamar Sgl/Dbl sama yakni Rp 750.000,/kamar/malam.
Single Suplement= Rp. 750.000 - (Rp 750.000 : 2) x 3 malam
Single Suplement = Rp 1.125.000,- /orang

Jika telah mengetahui harga single suplement tersebut maka tinggal menambahkan ke dalam tagihan total harga paket tour yang harus dibayar oleh wisatawan yang menggunakan kamar hotel seorang diri.
Telah dibahas pada postingan Cara menghitung harga paket tour bahwa nilai jual paket tour 4 hari/3 malam adalah Rp 1.625.000,-/orang - Twn Sharing/sekamar berdua.

Total biaya yang harus dibayar oleh wisatawan yang menggunakan kamar hotel sendiri menjadi:
= Rp 1.625.000,- + Rp 1.125.000,-
= Rp 2.750.000,-

Demikian pembahasan tentang single suplement, semoga bermanfaat bagi pembaca blog ini.


Telah Terbit Buku "Inbound Tour"

Buku "Inbound Tour" berisi tentang cara membuat paket tour secara lengkap beserta tahapan-tahapan yang harus dilakukan  dari awal seperti, perencanaan tour, observasi data, penghitungan harga paket tour termasuk penghitungan single suplement, pemesanan suatu tour, akomodasi, objek wisata, hingga bagaimana pelaksanaan tour tersebut, dari proses wisatawan melakukan transfer in, melakukan tour hingga transfer out. Untuk mendapatkan buku ini hubungi pengarang di no HP 0853 64 136 136 atau 0852 638 75676

Detail:
Judul               Inbound Tour 
Penulis           Yasmen Chaniago
Penerbit          PT. Kanisius Yogyakarta
ISBN               978-979-21-4287-7
Terbit               17 - 04 - 2015
Halaman          176
Berat                270.00
Dimensi (mm) 148x210
Harga               Rp 85.000,- (Termasuk Ongkir) 

Atau baca juga cara pemesaanan buku dengan klik di sini





2 Responses to "SINGLE SUPLEMENT"

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS