Rute Tour de Singkarak 2010

Rute Tour de Singkarak 2010 kali ini 218 Km lebih panjang dari tahun lalu. Tim peserta yang mengikuti lomba juga bertambah yang berasal dari berbagai negara di dunia. Selain lebih panjang, lomba balap sepeda internasional ini juga melalui etape yang lebih menantang, sebut saja etape 3 pada tanggal 3 Juni 2010 dari Agam menuju ke Bukittinggi. Pada Etape ini melalui kelok 44 yang terkenal mempunyai belokan-belokan tajam disertai dengan pendakian yang panjang.

Tour de Singkarak pada tahun 2010 yang diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 6 Juni 2010, dengan jarak tempuh lebih kurang 677,4 Km. Berikut gambaran umum dari masing-masing etape pada Tour de Singkarak kali ini.

ETAPE 1: Tanggal 1 Juni 2010
Padang Team Trial
Jarak Tempuh lebih kurang 15,8 Km.
Starting Point dimulai dari Taman Budaya Padang mengelilingi kota Padang selanjutnya menuju Kampung China, Melewati Batang Arau,Jalan Veteran jalan Raden Saleh, Jalan Sudirman, Jl. A. Yani dan kembali ke Taman Budaya Padang dekat Museum Adityawarman.

ETAPE 2A: Tanggal 2 Juni 2010
Padang - Padang Pariaman
Jarak Tempuh lebih kurang 84.5 Km.
Starting Point dimulai dari Taman Budaya Padang meninggalkan Kota Padang menuju Padang Pariaman melewati pemandangan persawahan di kiri kanan jalan. Pada etape ini jalan yang ditempuh para pembalap relatif datar. Finish di Pantai Gandoriah Padang Pariaman.

ETAPE 2B: Tanggal 2 Juni 2010
Padang Pariaman - Muko-Muko (Kabupaten Agam)
Jarak Tempuh lebih kurang 90,6 Km
Starting point dimulai dari Pantai Kata Pariaman menuju PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Listrik)Maninjau di daerah Muko-muko Kabupaten Agam, pada etape 2B ini kebanyakan menyusuri garis pantai di Padang Pariaman. Etape kali ini jalan yang ditempuh masih relatif datar.

ETAPE 3: Tanggal 3 Juni 2010.
Kab. Agam - Kota Bukittinggi
Jarak tempuh lebih kurang 51,3 Km
Starting Point di PLTA Maninjau menuju Kota Bukittinggi melewati pendakian kelok 44 (44 Tikungan Tajam), siapapun yang juara pada etape kali ini sangatlah pantas dijuluki Raja Tanjakan Tour de Singkarak 2010 karena pendakian di kelok 44 membutuhkan stamina dan ketahanan fisik yang luar biasa. Etape kali ini finish di Jam Gadang Bukittinggi.

ETAPE 4: Tanggal 4 Juni 2010
Kota Padang Panjang - Kota Sawahlunto
Jarak tempuh lebih kurang 88,2 km
Starting point dimulai dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Padang Panjang menuju Kota Sawahlunto melewati daerah Batusangkar Kabupaten Tanah Datar yang terkenal dengan Istana Pagaruyungnya. Melewati hijaunya daerah persawahan dan Sawah terra sirring (Rice Terrace), dan finish point di Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto.

ETAPE 5: Tanggal 5 Juni 2010
Kota Sawahlunto - Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar)
Jarak Tempuh lebih kurang 102,4 Km.
Starting Point di mulai dari Lapangan Segitiga Kota Sawahlunto menuju Batusangkar Kabupaten Tanah Datar melewati Kecamatan Silungkang, Kota Solok, menyusuri Danau Singkarak sebgai ikon dari Tour de Singkarak ini, seterusnya menuju Batusangkar Kabupaten Tanah Datar. Finish di Istana Pagaruyung.

ETAPE 6: Tanggal 6 Juni 2010
Kota Bukittinggi - Danau Singkarak
Jarak Tempuh 244,6 Km
Etape terakhir dari Tour de Singkarak 2010 merupakan etape yang terpanjuang Starting point di mulai dari Jam Gadang Kota Bukittinggi langsung menuju Kota Solok menyusuri ikon dari lomba balap sepeda ini yakni Danau Singkarak, Kota Solok, Koto Baru, Cupak, Talang, selanjutnya menuju danau kembar yakni danau diatas dan danau dibawah. Dalam perjalanan menuju Danau Kembar ini melewati perkebunan teh dengan udaranya yang segar. Selanjutnya peserta kembali menuju Danau Singkarak. Dalam etape ini pembalap mesti mewaspadai jalan antara Solok - Kayu Aro karena jalannya terkenal lebih licin jika dalam keadaan hujan/basah. Ketangguhan pembalap juga akan terbukti pada etape terpanjang pada Tour de Singkarak 2010 ini.

0 Response to "Rute Tour de Singkarak 2010"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS