Cendera Mata dari Sawahlunto

Songket Silungkang dan lidi hias adalah pilihan yang bisa dijadikan sebagai cendera mata/oleh-oleh khas dari Kota Sawahlunto. Akan tetapi mampukah kedua cendera mata tersebut dijadikan sebagai sebuah identitas yang langsung dikenal oleh masyarakat luas bahwa cendera mata tersebut merupakan ciri khas oleh-oleh dari Sawahlunto?

Lomba untuk menumbuhkan kreatifitas membuat souvenir antar pengrajin souvenir seluruh Kota Sawahlunto pernah dilakukan dan diprakarsai oleh Dekranasda Sawahlunto. Tujuan diadakan perlombaan ini agar Kota Sawahlunto mempunyai cendera mata yang khas. Sayangnya tidak ada tindakan yang berkelanjutan seiring dengan usainya lomba. Hingga saat ini belum satupun ditemukan souvenir khas sawahlunto yang diproduksi secara massal dan dijual di objek-objek wisata di Kota Sawahlunto sehingga menguntungkan bagi para pengrajin cendera mata atau souvenir.

Sebagai sebuah kota yang dulunya mempunyai kandungan batu bara melimpah, tentunya souvenir yang terbuat dari batu-bara adalah kenang-kenangan yang sangat cocok. Karena souvenir ini juga akan memberi kenangan tersendiri akan Sawahlunto yang pernah jaya karena batu-bara. Namun belum ada kesamaan ide tentang bentuk souvenir yang pas buat wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto. Untuk itu ide-ide dari pembaca blog ini sangat dibutuhkan untuk memajukan pariwisata Indonesia pada umumnya dan pariwisata kota Sawahlunto pada khususnya. Jika perlu diselenggarakan lomba "Menciptakan Ide Cinderamata Khas Sawahlunto", lengkap dengan detail dan alasan yang mendukung ide tersebut. Hasil dari ide terbaik diserahkan ke seluruh pengrajin souvenir di kota sawahlunto untuk diproduksi secara massal. Bagaimana pembaca?


1 Response to "Cendera Mata dari Sawahlunto"

  1. Kalau perlu oleh oleh fashion berkualitas dengan tema sawahlunto juga bisa datang ke toko kami di

    http://tokocluclosawahlunto.blogspot.com/

    alamat lengkap toko ada pada blog tersebut

    makasih admin bang yasmen


    salam dari putra Sawahlunto di Bandung

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS