Puncak Pari

Puncak PariPuncak pari adalah bukit yang berada di atas pusat kota Sawahlunto. Dulu sewaktu PT BA UPO masih jaya di Sawahlunto, puncak bukit ini terlihat benderang di waktu malam. Lampu-lampu berdaya ribuan watt dipasang untuk menerangi sebuah pesan bertuliskan "UTAMAKAN KESELAMATAN" yang sengaja dipasang untuk mengingatkan pekerja tambang. Letak pesan di bukit pari yang berhadapan dengan jalan masuk kota, langsung bisa terlihat ketika memasuki pusat kota Sawahlunto. Sehingga tulisan di Puncak Pari yang terlihat terang benderang tersebut selalu mencuri perhatian orang yang baru pertama kali berkunjung ke Sawahlunto.

Pemandangan kota sawahlunto juga bisa terlihat dari atas Puncak Pari ketika malam hari. Bahkan sebagian orang yang melihat langsung keindahan kota Sawahlunto dengan Puncak Pari yang terang benderang mengibaratkan Sawahlunto bagai Hongkong di waktu malam.

Namun kini Puncak Pari tidak lagi bisa dinikmati sewaktu malam. Ketika lampu-lampu berdaya watt tinggi yang menerangi tulisan "UTAMAKAN KESELAMATAN" tidak lagi dijumpai seiring dengan PT BA UPO yang tidak lagi aktif beroperasi. Toh begitu kita masih tetap bisa menikmati keeksotisan kota Sawahlunto dari Puncak Pari sebelum tenggelamnya matahari.

1 Response to "Puncak Pari"

  1. wah,blognya cantik dan rapi
    oh ya,selagi blog walking sekalian mo ngasih info di 'membuat tag pada blogger',klo mo nyumbang dollar juga boleh,hihhi..klik di sini untuk kebaikanmu dan kebaikanku,aaalah :D

    saya tunggu kunjungan baliknya ya,keep blogging!

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS