Taman Satwa Kandi/Kandih/Kandis

satwa yang ada di taman satwa kandiTaman Satwa Kandi atau populer dengan nama Taman Satwa Kandih, bahkan sering juga disebut Kandis adalah sebuah obyek wisata yang unik karena pengunjung yang datang di tempat ini bisa menikmati 2 obyek menarik sekaligus. Selain bisa melihat koleksi satwa kebun binatang, di tempat tersebut terdapat juga sebuah danau, yaitu danau Tandike. Sebagian masyarakat menyebut danau Tandike dengan nama danau Kandih. Sebab, danau Kandih berada tak jauh dari danau Tandike.
Taman Satwa Kandi diresmikan pada tanggal 1 Desember 2006 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu, yaitu Ir. Jero Wacik,SE. Sementara ini, Taman Satwa Kandi menempati areal sekitar 5 Ha. Berada dalam wilayah Kawasan Wisata Kandi, yaitu sebuah areal yang mempunyai luas lebih kurang 400 Ha. Areal bekas peambangan batubara tersebut ditetapkan sebagai kawasan wisata dan olahraga. Kawasan Wisata Kandi berada dalam lingkungan Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

satwa yang ada di taman satwa kandiKoleksi satwa yang ada di Taman Satwa Kandi sekarang ini telah mencapai 108 ekor diantaranya seperti Gajah Sumatera, Unta, Beruang, Kangguru dan lain-lain (Daftar Koleksi Satwa).

Keunggulan Taman Satwa Kandi ini, selain sebagai tempat berlibur yang nyaman untuk semua anggota keluarga juga buat anak-anak sebagai sarana edukatif. Anak-anak bisa mengenal secara langsung bermacam-macam jenis satwa langka. Bahkan beberapa satwa yang telah jinak dan terlatih, dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung. Pengunjung bisa menaiki satwa-satwa tersebut, sebagai contohnya Gajah, Unta,maupun Kuda dengan harga yang relatif terjangkau.

Tahun 2010 ini telah direncanakan untuk menambah beberapa satwa yang dilindungi seperti Harimau, Singa dan Urang Utan. Tentu saja hal tersebut akan semakin melengkapi koleksi satwa yang telah ada dan makin membuat obyek wisata kandi akan sayang apabila dilewatkan dalam daftar obyek wisata yang harus dikunjungi.

2 Responses to "Taman Satwa Kandi/Kandih/Kandis"

  1. wah.... Sawahlunto dah makin keren aja nih, dulu pernah sekolah di Talawi 1 tahun... ga nyangka... keep moving ajah yah


    oh iya gan, kalo boleh usul Wisatakandi jangan pake blogspot dong, kalo mau pake domain yang lebih go internasional gitu, kalo bisa co.id.

    thanks. tetap maju buat Sawahlunto

    ReplyDelete
  2. @Anonim: Terima kasih atas kunjungannya. Iya Sawahlunto Pariwisata Sawahlunto dari tahun ke tahun semakin menggeliat.

    Penggantian domain dari blogspot pada saat ini masih saya pertimbangkan. Walaupun demikian terima kasih banyak atas usulnya.

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS