Review Pulau-Pulau Di Sumatera Barat (Pagang, Sirandah, Suwarnadwipa, Pamutusan dan Pasumpahan)

Selama ini kita hanya membahas tentang paket-paket wisata yang ada di pulau-pulau Sumatera Barat. Pada postingan ini kita akan sedikit memberi sedikit review tentang pulau-pulau yang ada di Sumatera Barat. Kali ini saya memberikan pandangan tentang 5 pulau yang saling berdekatan satu sama lain di Sumatera Barat, yakni, Pulau Pagang, Pulau Pamutusan, Pulau Suwarnadwipa, Pulau Sirandah dan Pulau Pasumpahan. Kita akan membahas bagaimana kelebihan dan kekurangan pulau-pulau tersebut dari sudut pandang saya sendiri sebagai berikut: 

1. PULAU PAGANG

Pulau Pagang
Pulau Pagang Merupakan pulau yang terjauh dari jajaran pulau-pulau tersebut. Perjalanan ke pulau ini menempuh waktu lebih kurang 45 menit dengan boat wisata. Pulau ini mempunyai pasir putih dan lembut menggoda anak-anak untuk bermain istana pasir. Anak muda lebih tertantang mengendarai banana boat atau trekking di sekitar pulau, hunting lokasi buat berfoto. Banyak tempat-tempat indah dijadikan background spot untuk berfoto di pulau tersebut. 

Lokasi Pulau Pagang tidak begitu jauh dari perairan Bungus. Terletak persis di belakang Pulau Sikuai yang dulunya merupakan salah satu resort ternama di Sumatera Barat. Transportasi ke Pulau Pagang menggunakan boat wisata dengan ukuran yang beragam. Jika anda ingin menggunakan transportasi tersendiri dan tidak ingin bergabung dengan rombongan yang lain. Anda bisa melakukan CARTER BOAT/SEWA KAPAL seharian dan bebas menentukan pulau-pulau apa saja yang akan anda kunjungi dengan catatan anda sendiri yang membayar biaya masuk pulau-pulau tersebut.
Gelombang laut yang cenderung tenang memungkinkan untuk berenang di pinggiran pantai. Dengan perlengkapan snorkel yang telah disediakan operator, kegiatan snorkeling  cukup seru, bisa menyaksikan terumbu karang dan ikan-ikan yang melintas di depan mata. Bahkan tanpa alat snorkeling pun kita bisa menyaksikan banyaknya ikan-ikan hias disini.

Ingin beristirahat sejenak? Berbaring dalam buaian hammock di bawah batang2 nyiur yang tinggi ditemani semilir angin bisa dilakukan dan rasanya hmm...nyaman sekali, asal jangan sampai terlelap tidur, ntar ketinggalan rombongan jadi berabe. Tak mengapa sedikit 'Nap power', itung-itung menghimpun kekuatan agar tubuh kembali fresh sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke pulau selanjutnya. 

Selain itu, di Pulau Pagang ini kita bisa mengunjungi sisi belakang dari pulau ini, dibagian ini bagi rombongan yang membawa anak-anak, disini merupakan tempat yang tepat untuk mencari cangkang cowry (kucing-kucingan) atau umang-umang.  

Karena pulau ini masih dikelola secara pribadi, pengelolaannya apa adanya. Hal ini masih dilihat dengan masih terbatas fasilitas publik seperti toilet dan kamar bilas. 

Untuk informasi ataupun paket wisata ke Pulau Pagang silakan cek DISINI

2. PULAU PAMUTUSAN

Pulau Pamutusan bisa terletak persis berhadapan dengan Pulau Pagang. Pulau dengan luas 8 hektare ini memiliki pasir putih serta tumbuhan pohon kelapa dan tanaman mangrove serta perbukitan yang masih hijau.

Pulau ini merupakan ujung dari semenanjung yang jauh menjorok kelautan dan diberi nama Pamutusan karena ketika pasang lagi tinggi  ujung semenanjung ini terpisah/terputus dari bagian lainnya sehingga di beri nama Pulau Pamutusan.Sayangnya, ketika pasang lagi naik, hamparan pasir di pulau ini mejadi semakin kecil

Untuk menjaga kebersihan pulau tersebut, dipungut retribusi Rp15 ribu per orang oleh seorang penjaga pulau yang sehari-hari menetap di sana.

Pulau ini ibarat sepotong surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum banyak dijamah oleh wisatawan karena masih jarang diekspose. Pulau ini cocok bagi wisatawan penggemar landscape atau fotografer karena banyak terdapat spot-spot cantik dengan hamparan pemandangan nan asri dan indah, walaupun ditempuh dengan sedikit tracking untuk mencapai puncak bukitnya. 

Pulau ini cukup bersih dan nyaman untuk dikunjungi bagi wisatawan.  

3. SUWARNADWIPA BEACH CLUB & RESORT
Gazebo Room di Suwarnadwipa
Gazebo di Suwarnadwipa
Dalam berbagai penelitian prasasti yang dilakukan oleh para ilmuwan, dalam bahasa Sansekerta Swarnadwipa adalah Pulau Sumatera. Swarnadwipa berasal dari kata “Suwarnadwipa”  yaitu pulau emas atau “Suwarnabhumi” yaitu tanah emas. Naskah Budha yang termasuk paling tua, Kitab Jataka, menceritakan pelaut-pelaut India menyeberangi Teluk Benggala ke Suwarnabhumi. Dalam cerita Ramayana dikisahkan pencarian Dewi Shinta, istri Rama yang diculik Rahwana sampai ke Suwarnadwipa.

Penamaan Swarnadwipa untuk Pulau Sumatera ini telah dipakai dalam naskah-naskah India pada tahun sebelum masehi. Selain dikenal dengan Swarnadwipa, pulau Sumatera juga dikenal dengan Pulau Andalas. Konon, di Pulau Sumatera banyak terdapat pohon yang bernama pohon Andalas.

Suwarnadwipa Beach Club and Resort sebenarnya bukan sebuah pulau, tetapi merupakan sebuah resort yang terletak pada sebuah semenanjung yang terhubung dengan Pulau Pamutusan. Resort ini sudah dikelola oleh sebuah perusahaan. Resort ini relatif bagus bagi wisatawan yang ingin menginap (PAKET MENGINAP DI SUWARNADWIPA). Selain itu fasilitas publik berupa MCK dan ruang bilas cukup memadai bagi wisatawan yang cuma ingin mengambil PAKET WISATA PULAU SUWARNADWIPA untuk sehari penuh (one day tour). 

Kekurangan dari Resort ini adalah ketika pasang lagi surut. Hamparan pantai cuma terlihat karang-karang sehingga tidak nyaman untuk berenang. 

4, PULAU SIRANDAH
Pulau Sirandah
Pulau Sirandah merupakan salah satu pulau yang berada dalam wilayah administratif Nagari Sungai Pisang kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Propinsi Sumatera Barat. Kata Sirandah memiliki arti SI-RENDAH karena lokasi di Pulau ini tidak mempunyai perbukitan dan kelihatan lebih datar dari pulau-pulau di sekitarnya. Kondisi umum pulau cenderung datar berpasir putih dan ditumbuhi semak pohon kelapa dan bakau. Air lautnya biru tosca jernih dan karang didalamnya masih baik. 

Pada Saat ini Pulau masih terus dikembangkan dengan serius jadi objek wisata bahari, investornya antara lain berasal dari Malaysia dan Thailand. Ada yang unik dibelakang Pulau Sirandah terdapat pulau kecil yang menyerupai Penyu alias Kura-Kura. Berbagai fasilitas terus dilengkapi. Sudah ada papan nama Sirandah Island yang bewarna-warni dan bercahaya di malam hari, serta terdapat beberapa Cottage dan Gazebo di Pulau ini untuk penginapan, 

Direncanakan juga akan dibangun Waterboom Laut. Suasana pulau sangat nyaman dan hamparan pasirnya bisa digunakan untuk bersantai dan camping.

Bisa dikatakan fasilitas penginapan di Pulau Sirandah merupakan yang terbaik di antara pulau-pulau yang ada disekitarnya. Tidak salah dengan kalimat harga sebanding fasilitas, karena untuk menginap di Pulau Sirandah harganya sedikt lebih mahal dengan harga-harga pulau di sekitarnya juga. 

Spot Snorkeling dan Foto under water agak susah dilakukan disini karena terumbu karangnya tidak terlalu banyak, 

5. PULAU PASUMPAHAN
View Dari Puncak Pasumpahan
Salah satu rekomendasi saya jika anda membeli paket Full Day Tour ke Pulau Pagang, kunjungilah Pulau Pasumpahan. Operator wisata akan mengantarkan anda ke sana. Kenapa harus Pulau Pasumpahan? Pulau Pasumpahan tidak cantik, melainkan sangat cantik dan menawan.
Berada di pulau yang masih perawan ini seakan menemukan tempat nyata seperti dalam lukisan. Pasir putih nan lembut seperti pulau-pulau di sekitarnya dan air lautnya yang unik karena mempunyai  3 gradasi warna. Penyebabnya adalah tingkat kedalaman air laut. Paling tepi yang landai, pasir pantai terlihat transparan. Agak ke depan air laut terlihat kehijauan. Didepan garis air yang hijau, laut berwarna biru hingga ke tengahnya. Sayangnya saya tidak bisa memberikan foto yang hasilnya bisa menampakkan 3 warna air lautnya. Maklumlah karena saya bukan fotografer profesional dan hanya mengandalkan kamera saku, menyebabkan hasil foto saya tidak maksimal dan jauh lebih indah view sebenarnya.
 Mengasyikan berenang di tempat ini. Jernih airnya akan menggoda siapapun untuk menceburkan diri di dalamnya. Jika berenang/snorkeling di sekitar laut yang berwarna hijau, belum akan menjumpai terumbu karang ataupun ikan yang bersliweran; namun perlu diingat dan diwaspadai sekitar laut yang airnya berwarna biru; secara tiba-tiba akan langsung mendapati perbedaan yang ekstrem tingkat kedalamannya yang seperti jurang. Sehingga yang tidak pandai berenang harus dipastikan menggunakan jaket pelampung.

Bagi penyuka trekking Pulau Pasumpahan merupakan tempat yang tepat untuk melakukan trekking karena Puncak Pasumpahan mempunyai view yang menakjubkan. Kekurangan dari Pulau Pasumpahan adalah tidak adanya lokasi untuk snorkeling yang menarik.

Untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut tentang paket tour ke Pulau bisa menghubungi:
Contact Person:
0853 64 136 136 (Yasmen Chaniago)
0852 63 875 676 (Yani D'Java)
WA : 0853 64 136 136 (Yani De Java)
Blog : www.yasmenchaniago.com/

0 Response to "Review Pulau-Pulau Di Sumatera Barat (Pagang, Sirandah, Suwarnadwipa, Pamutusan dan Pasumpahan)"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS