Lembah Harau

lembah harau

Untuk melengkapi koleksi yang ada di Taman Kupu-kupu, saya berburu kupu-kupu hingga ke Harau. Menurut yang saya dengar terdapat banyak spesies kupu-kupu indah di tempat tersebut. Namun, inti postingan kali ini, bukan kupu-kupu yang akan saya tuliskan akan tetapi keindahan pemandangan yang ada di Lembah Harau. Beberapa pekan yang lalu, saya berkesempatan berkunjung ke Lembah Harau yang terletak di Aka Berayun, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

Melewati Batusangkar dari Sawahlunto rute perjalanan saya adalah Payakumbuh, kota yang berdekatan dengan Kabupaten 50 Kota. Selain melewati Kota Batusangkar yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar tersebut, jalan alternatif lain adalah melalui Kota Solok. Saya cenderung memilih Batusangkar yang lalu lintasnya tidak terlalu ramai juga lebih adem karena sepanjang jalan banyak dijumpai
sawah dan pepohonan rindang. Berhubung sekalipun belum pernah ke Lembah Harau, saya banyak bertanya untuk sampai ke tujuan. Dari Payakumbuh, hanya dibutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dengan kondisi jalan yang relatif lurus, tidak banyak tikungan. Jika diteruskan, jalan lurus tersebut akan mengarah ke Kota Pekanbaru, Propinsi Riau.

Sebelum masuk daerah Lembah harau, dari kejauhan sudah terlihat tebing-tebing tinggi dan terjal menjulang di antara rimbunnya hutan membentuk pemandangan yang mengagumkan. Pemandangan lebih indah akan dijumpai begitu sampai di daerah Aka Barayun; dimana air terjun mengalir dari puncak salah satu tebing terjal. Bahkan, kita bisa berendam di sebuah kolam yang sengaja dibuat di bawah air terjun tersebut (Saya jadi membayangkan kemudian membandingkan, bisa mungkin Lembah Harau tidak kalah cantik dari Taman Nasional Yosemite, California yang sering saya lihat di gambar-gambar). Di sebelah air terjun terdapat anak-anak tangga ke salah satu puncak tebing yang memungkinkan untuk melihat sekitar Lembah Harau.

Objek wisata Lembah Harau sangat alami, suasananya terasa tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian.. Berterbangan berbagai jenis kupu-kupu bersayap lebar yang terlihat indah, ditingkahi suara-suara satwa yang terdengar jelas dari hutan sekitar. Suatu destinasi wisata pilihan jika kita ingin menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. 


1 Response to "Lembah Harau"

  1. informasi bisa jadi referensi blogku yang masih baru

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS