Pengertian, Azas dan Tujuan Pariwisata

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pemahaman dunia Pariwisata, pada postingan kali ini dibahas beberapa pengertian yang berhubungan dengan pariwisata. Pengertian-pengertian tersebut sebagai berikut:

Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata.

Wisatawan adalah orang yang melakukan kegiatan wisata

Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait dibidang tersebut.

Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata

Destinasi Pariwisata adalah area kawasan yang tidak terkait oleh batas administrasi yang mempunyai kesesuaian antara prasarana dan sarana umum dengan produk pariwisata serta kesiapan yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

Usaha Pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata atau menyediakan atau mengusahakan objek dan daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata, dan usaha lain yang terkait dibidang tersebut.

Objek dan Daya Tarik Wisata adalah segala sesuatu yang menjadi sasaran wisata

Kawasan Pariwisata adalah kawasan dengan luas tertentu yang dibangun atau disediakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.

AZAS DAN TUJUAN
Penyelenggaraan kepariwisataan dilaksanakan berdasarkan asas manfaat, usaha bersama dan kekeluargaan, adil dan merata, perikehidupan dalam keseimbangan, dan kepercayaan pada diri sendiri.

Penyelenggaraan Kepariwisataan Bertujuan:

  • Memperkenalkan, mendayagunakan, melestarikan dan meningkatkan mutu objek dan daya tarik wisata;

  • Memupuk rasa cinta tanah air dan meningkatkan persahabatan antar bangsa;

  • Memperluas dan memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja.


  • 1 Response to "Pengertian, Azas dan Tujuan Pariwisata"

    1. terima kasih, artikel yang sangat bermanfaat, akan lebih membantu jika sumber (referensi & pendapat para ahlinya ) dicantumkan dengan jelas sehingga dapat dijadikan sumber bagi karya tulis ilmiah.

      ReplyDelete

    MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS