Pelajar Gratis Masuk Taman Satwa Kandi

Kebijakan Pemda atas pemungutan retribusi masuk objek wisata yang ada di Sawahlunto sudah dirumuskan di dalam Peraturan Daerah Kota Sawahlunto No.11 Tahun 2009. Begitu juga dengan tiket masuk ke Taman Satwa Kandi sudah ditetapkan dalam tarif resmi. Namun yang menjadi permasalahan adalah objek wisata (ambil contoh Taman Satwa Kandi) untuk hari kerja antara Senin hingga Jumat, pengunjung jarang datang ke obyek. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi pengelola Objek wisata Taman Satwa Kandi untuk berusaha melakukan terobosan baru agar bisa mendatangkan pengunjung di hari-hari tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mempunyai pendapat jika pada hari kerja para pelajar di Sumatera Barat dibebaskan masuk ke Taman Satwa Kandi tanpa membayar tiket masuk. Pelajar yang dimaksud adalah rombongan pelajar dari sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Barat. Hal tersebut akan menjadi efektif jika berkaitan dengan promosi, sebab bisa dibayangkan berapa banyak sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Barat jika setidaknya setengah dari seluruhnya datang ke Taman Satwa Kandi.

Ada baiknya wacana di atas dicoba untuk diterapkan dengan beberapa pertimbangan dan ketentuan sebagai berikut:



  • Pengunjung di Taman Satwa Kandi pada hari biasa (senin-Jum'at) sangat sepi.

  • Gratis bagi pelajar yang berkunjung hanya berlaku pada hari sepi pengunjung tersebut yakni, hari senin-jum'at bukan pada hari sabtu, minggu, libur nasional atau pada masa liburan sekolah.

  • Setiap rombongan pelajar yang akan berkunjung diharuskan mengirimkan surat pemberitahuan secara resmi ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto paling lambat satu minggu sebelumnya.


  • Setuju atau tidak setuju pendapat di atas adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto sebagai pengelola Taman Satwa Kandi yang akan memutuskan. Hanya saja untuk mengambil keputusan ada beberapa bahan pertimbangan yang perlu dikaji sehubungan dengan hal tersebut yaitu:

  • Pengunjung di Taman Satwa Kandi tetap sepi pada hari kerja dan bisa dikatakan tidak ada kunjungan wisata ke Taman Satwa Kandi atau

  • Ada kunjungan pelajar ke Taman Satwa Kandi dengan digratiskan biaya masuk dengan harapan siswa-siswa ini akan menggunakan segala fasilitas wisata yang ada di dalam lingkungan Taman Satwa Kandi dengan harga tiket yang telah ditetapkan sesuai Perda. Pendapatan Asli Daerah bisa didapatkan dari penggunaan berbagai fasilitas seperti sarana wisata air,outbound (flying fox dan paint ball), menunggang satwa, fasilitas aneka mainan bermotor. Dengan begitu Pendapatan Asli Daerah Kota Sawahlunto secara otomatis meningkat karena promosi ini.

  • 0 Response to "Pelajar Gratis Masuk Taman Satwa Kandi"

    Post a Comment

    MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS