Plaza Taman Satwa Kandi Diminati

plaza taman satwa kandiDi sebelah dermaga wisata air Obyek Kawasan Wisata Kandi berdiri sebuah plaza yang cukup luas. Pada mulanya tujuan dibangunnya plaza tersebut adalah sebagai tempat apabila acara-acara hiburan diadakan di Taman Satwa Kandi.

Namun belakangan pengunjung bisa menggunakan plaza tersebut untuk mengadakan berbagai acara, seperti arisan, pertemuan, acara perpisahan, pelatihan outbound, pesta ulang tahun, dan lain-lain. Biasanya, rombongan yang memanfaatkan adalah kelompok-kelompok paguyupan, perkumpulan/organisasi maupun rombongan dari sekolah-sekolah, baik dari kota lain maupun dari Sawahlunto sendiri. Beberapa diantaranya adalah Paguyuban Sunda, PKK Kota Sawahlunto, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sawahlunto, rombongan pelajar sebuah SMP di Kota Solok, pertemuan PGRI Sawahlunto, kelompok ibu-ibu Kecamatan Barangin dan Kecamatan Talawi.

Setiap kelompok yang menggunakan plaza ini melihat bahwa plaza bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan. Namun begitu, kebanyakan dari mereka mengeluhkan plaza yang hanya beratap terpal seadanya. Mengingat situasi Obyek Wisata Kandi yang lumayan panas, hal ini tentu saja mengurangi kenyamanan pemakai plaza. Sehingga apabila terdapat rombongan yang akan menggunakan plaza dengan kapasitas orang banyak, sebelum mengunakan harus direpotkan dengan mengurus peminjaman tenda. Sebagian besar pemakai plaza menyarankan agar atap plaza hendaknya dibangun secara permanen.

Mengingat seringnya plaza dimanfaatkan untuk publik, hal tersebut merupakan peluang bagi Pemerintah Kota Sawahlunto guna menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)Kota Sawahlunto, sehingga bisa menetapkan tarif tertentu bagi pengguna Plaza Taman Satwa Kandi ini. Namun dengan catatan bahwa sebelum ditetapkan tarif resmi, sebaiknya dilakukan pembenahan atas Plaza Taman Satwa Kandi.
1. Dibangun atap permanen untuk plaza Taman Satwa Kandi. Tujuannya selain untuk menambah daya tarik plaza, juga bermanfaat untuk memberi ruang buat pengunjung berteduh sewaktu hujan.
2. Melakukan penataan ulang pagar dan taman di sekitar plaza Taman Satwa Kandi untuk memberi sedikit privacy dan kenyamanan bagi pengunjung yang memanfaatkan plaza Taman Satwa Kandi. Mengingat pagar untuk saat ini hanya berupa kawat harmonika dan seng bekas. Hal tersebut memungkinkan orang di luar obyek wisata bisa leluasa menonton acara yang tengah dilakukan pengguna plaza.

Dengan demikian selain menjadi pelengkap dan juga menjadi salah satu daya tarik Obyek Kawasan Wisata Kandi, plaza ini juga bisa menambah Pendapatan Asli (PAD) Kota Sawahlunto melalui pemanfaatan Plaza Taman Satwa Kandi.

0 Response to "Plaza Taman Satwa Kandi Diminati"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS