Kabupaten Solok

Danau Diatas
Terletak di kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjang. Lokasinya sekitar 33 km sebelah timur Kabupaten Solok, Kayu Aro kearah Muara Labuh (Sungai Pagu). Danau seluas 17.19 ha ini dikelilingi oleh lahan pertanian hortikultura seperti sayur-sayuran, buah-buahan seperti Markisa. Perjalanan menuju daerah wisata ini bisa ditempuh kurang dari 1 jam dari Kayu Aro dan 1,5 jam dari Padang. Sepanjang perjalanan menuju objek wisata ini melewati perkebunan teh yang indah.

Danau Dibawah
Memiliki luas sekitar 16.83 ha dan posisinya berada 1 km disebelah selatan Danau Diatas, selain luasnya hampir sama letaknya juga berdekatan, itu sebabnya danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar.

Danau Talang
Merupakan Objek wisata yang terletak di kecamatan Lembang Jaya berada lebih kurang 2 km dari Danau Kembar. Danau yang terletak pada ketinggian 1.400 m dari permukaan laut ini diapit oleh perbukitan dengan suasana yang tenang dan sejuk. Bagi para pecinta alam penggemar olahraga hiking, danau kecil seluas 1.9 ha sebenarnya merupakan salah satu dari dua kawah Gunung Talang. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Alahan Panjang atau dari Danau Kembar dalam waktu satu jam perjalanan atau bisa juga melewati perkebunan teh PT. Perkebunan Nusantara VI dengan waktu yang sama.

Danau Singkarak
Terletak sekitar 10 km dari kota Solok. Danau ini terletak di Jalan Lintas Sumatera pada jalur Solok - Bukittinggi yang menyusuri hampir separuh pinggiran Danau. Luasnya lebih kurang 1.129,29 ha. Merupakan danau terluas di Sumatera Barat dan terluas kedua setelah Danau Toba, Sumatera Utara. Danau yang terletak pada ketinggian 362,5 m dari permukaan laut ini memiliki spesies ikan khas yang hanya hidup di danau ini dan di dunia. Masyarakat setempat menyebutnya ikan bilih (Mystacoleuseus Padangensis). Uniknya ikan ini tidak dapat dibudidayakan diluar habitatnya. Ikan ini banyak dijadikan sumber mata pencaharian masyarakat nelayan disekitar danau. Selain untuk sarana pariwisata dan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat, saat ini Danau Singkarak juga digunakan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

0 Response to "Kabupaten Solok"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS